Cara mengatasi ruang penyimpanan ram penuh tapi tidak ada file pada semua handphone

Konten [Tampil]

 

 mengatasi ruang penyimpanan penuh pada semua merk handphone dengan mudah cepat dan aman, lakukan sekarang juga !!


Wadisipit – kamu merasa kesal jika handphone mu sangat lemot dan cepat panas ? jika handphone mu cepat lemot dan cepat panas itu tandanya bahwa handphonemu mengalami pengurangan ram yang sangat cepat. Untuk itu pada kesempatan ini admin akan membahas menganai cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada handphone dengan cepat dan aman.


 Pada zaman digital seperti ini tidak sedikit yang mempunyai handphone yang sangat canggih, meski mempunyai handphone yang sangat canggih tidak sedikit orang yang mengalami keluhan bahwa handphone mereka sangat cepat panas.


 

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh pada semua merk handphone
mengatasi ruang penyimpanan penuh

Masalah masalah yang paling sering mengganggu yaitu masalah penyimpanan handphone yang penuh, dan kerap muncul notifikasi  bahwa penyimpanan telephone hampir habis, tenu notifikasi ini sangatlah mengganggu. Terlebih jika merek handphonemu seperti oppo, samsung, realme dan xiomi jika benar notifikasi tersebut sangat mengganggu alangkah baiknya jika kamu segera mengatasinya.


Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis dengan cepat mudah dan aman

 Jika ponselmu mengalami hal serupa seperti ruang penyimpanan hampir penuh kamu bisa melakukan langkah langkah yang admin bahas di bawah ini yaitu cara cepat mengatasi ruang penyimpanan hampir habis atau penuh. untuk cara mengatasi ruang penyimpanan penuh pada handphone oppo sebaiknya cek postingan sebelumnya pda website ini.

1. hapus file file sampah

Hal pertma yang harus kamu lakukan adalah menghapus segala file file sampah yang ada di handphonemu, file file sampah itu bisa berupa foto foto yang sudah di hapus atau chat yang sudah banyak, atau file yang  di kirim di chat whatsapp yang tidak kamu ketahui.


Biasanya  pesan pesan di whatsapp sangatlah banyak terlebih jika file file yang di kirimkan juga sangat banyak sehingga kamu menyepelekannya yang mengakibatkan handphonemu menjadi sangat lemot dan panas,  yang paling banyak memakan ruang penyimpanan biasanya pesan pesan dari grup grup whatapps terlebih jika grup whatapps mu sangatlah banyak, itulah yang mamakan ruang penyimpanan yang sangat banyak.


2. unggah file ke google drive

 Untuk menggunggah file ke dalam google drive merupakan cara yang sangat efisien dan mudah terlebih penyimpanan pada google drieve bisa sampai 15 gb itu ruang yang sangat besar kalau menurut admin.


Lalu bagaimana cara menggunggah file ke dalam google drive ? untuk meng unggah file ke dalam google drive yang harus kamu lakukan adalah membuat akun google drive atau akun goole jika sudah mempunyai akun ggole drive, yang harus kamu lakukan selanjutnya hanya tinggal login ke dalam aplikasi google drive, lalu tinggal unggah file yang ingin kamu masukan ke dalam google drive.


3. hapus file cache yang mengganggu

  Cara yang biasnya admin lakukan yang selanjutnya yaitu menghapus file cache yang tersimpan di memori internal handhone, karena selain menghapus file file sampah yang tidak di gunakan ternyata masih banyak file file cache yang mengganggu yang harus kamu singkirkan.  Biasnya file cache  akan ada jika kamu menginstal aplikasi lalu kamu menghapusnya atau file file cache dari foto dan video lainnya.

 Jika kamu belum tahu bagaimana cara menghapus file file cache pada ponselmu, kamu bisa mengikuti langkah langkah berikut untuk menghapus file cache.


Cara menghapus file cache dengan cepat dan mudah

- Klik menu setting pda handphone

-  Lalu tekan menu aplikasi atau manage app

- Kemudian klik aplikasi yang biasa kamu gunakan

- Biasanya aplikasi yang sering kamu gunakan akan ada pada urutan paling atas

- Selanjutnya  tinggal klik clear data atau hapus data

Setelah melakukan cara ini biasanya aplikasi atau handphone mu akan berjalan sangat cepat dan baterai juga akan lebih awet.


4. hapus aplikasi yang tidak penting

 Yang selanjutnya adalah melaukan un instal aplikasi cara melakukan un instal aplikasi sangatlah mudah terlebih jika aplikasi itu sudah tidak di gunakan lagi, un instal aplikasi di handphone ada dua yang biasa admin lakukan, sebagi berikut.

cara Un instal aplikasi langsung dari menu 

- Klik menu atau aplikasi yang ingin kamu un instal

- Ketika ada perintah untuk un instal aplikasi lalu klik un instal

- Setelah itu aplikasi ini akan terhapus

- Ini adalah cara yang sangat mudah yang bisa kamu lakukan


Cara un instal aplikasi memalui menu setting atau pengaturan sebagai berikut

Klik menu setting pada handphone

Cari tab manage apps atau aplikasi

Setelah itu klik aplikasi yang ingin kamu un instal

setelah di un instal apliksi menjadi tidak ada di handphone dan handphone menjadi semakin cepat.


Admin sarankan untuk menghapus atau meng un instal aplikasi yang benar benar tidak di gunakan kembali atau aplikasi yang memakan ram sangat banyak, misalnya aplikasi game yang ramnya di atas 1 gb karena sangat memakan ruang penyimpanan yang cukup banyak. Terlebih jika apliksi yang mempunyai penyimpanan di atas 1 gb akan memberikan banyak cache ke dalam handphone.


5. download aplikasi penambah ram

 Ada beberpa aplikasi alternatif untuk menambahkan ram pada handphone kamu terlebih di era serba canggih ini banyak penyedia layanan aplikasi untuk menambahkan ram pada handphone. Kamu bisa mendapatkan aplikasi penambah ram handphone di google playstore dan app store.


Aplikasi penamb ah ram handphone sangat berguna untuk mengotimalkan ponsel, dan juga untuk mendeteksi adanya sampah dan malware atau virus yang ada pad handphone.


Berikut ini beberapa aplikasi penambah ram yang bisa kamu gunakan

- 4 gb ram booster aplikasi penambah ram handphone

- 2 gb ram booster  ( fastest )

- Ram manager app

- Smart booster pro app

- Ram booster extreme

- Ram expander

Aplikasi yang admin sarankan ini merupakan aplikasi yang sangat bagus kamu gunakan untuk mengotimalkan ram pada handphone, segaligus untuk mempercepat hanphone. Aplikasi aplikasi penambah ram ini merupakan aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan sekarang  juga.


6. non aktifkan auto save gambar atau video

 Hal ceroboh yang biasanya kita lakukan sebagai pengguna hanphone adalah mengaktifkan auto save gambar atau video yang di kirim oleh teman atau keluarga, sehingga gambar yang terdownload akan mengakibatkan ram berkurang sehingga sangat merugikan, unuk itu alangkah baiknya jika kamu menonaktifkan auto save gambar atau video pada aplikasi whatsapp, facebook, tiktok, instagram, dan aplikasi sejenisnya.


Inilah cara untuk menonaktifkan auto save gambar atau video yang bisa kamu lakukan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh pada semua merk handphone
atasi ruang penyimpanan penuh

Ada dua versi yang bisa kamu lakukan versi yang pertama yaitu pada handphone android dan versi kedua yaitu pada ios atau ip hone.

Versi android

- Masuk ke dalam aplikasi whatsapp

- Setelah masuk ke dalam aplikasi klik titik 3 di pojok kanan

- Kemudian klik pada menu pengaturan obrolan atau chating

- Selanjutnya klik unduhan media

- Setelah itu ketuk nonaktifkan unduhan otomatis dengan klik opsi gambar video dan audio

- Setelah selesai selamat file file yang di kirim oleh teman atau keluargamu tidak akan langsung masuk ke dalam galery handphone,.


Versi ios atau ip hone

- Langkah pertama masuk ke dalam aplikasi whatsapp

- Kemudian klik titik 3 bagian atas pojok kanan

- Selanjutnya Masuk ke dalam pengaturan

- Lalu klik penggunaan data dan penyimpanan

- Lalu kamu akan melihat menu unduh otomatis

- Lalu klik jangan pernah untuk foto video audio dan dokumen.

Setelah melakuka langkah langkah tersebut di jamin dokumen foto dan video tidak akan otomatis terunduh yang mengakibatkan ram cepat terkuras.


7 non aktifkan notifikasi

Cara yang terakhir jika kamu risih dengan notofikasi ruang penyimpanan hampir habis adalah dengan cara menon aktifkannya, cara menon aktifkannya klik aplikasi dan tahan lalu ketika opsi muncul akan ada pilihan untuk non aktifkan notifikasi.


8 bersihkan sampah secara rutin

 Cara yang terkhir yaitu dengan membersihkan sampah secara rutin pada file manager di semua merk handphone pasti ada, jika memang tidak ada kamu bisa melakukannya di pada pengaturan handphone.


 Mungkin untuk cara mengatasi ruang penyimpana hampir habis hanya ini yang bisa admin sampaikan jika kamu mempunyai cara lain bisa untuk memberikan saran di kolom komentar atau berikan kami ulasan mengenai artikel ini.


Jika artikel ini bermanfaat alangkah baiknya jika kamu membagikan artikel ini ke dalam media sosial kamu yangh lain seperti facebook tweeter dan whatsapp, terima kasih sudah membaca artikel ini.  jangan lupa support kami di instagram twetter dan facebook agar kami semakin bersemangat dalam membuat artikel.

LihatTutupKomentar
close