7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Sepeserpun

Konten [Tampil]
7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Sepeserpun
uang dari internet 

 Ada banyak cara mendapatkan uang dari Internet, mulai dari yang paling mudah hingga yang membutuhkan skill khusus, seperti jasa pembuatan website

Keberadaan Internet memang menawarkan banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika mau mengulik dengan serius, beberapa cara mendapatkan uang dari Internet bisa memberikan keuntungan setara atau bahkan melebihi upah minimum regional (UMR). 

Terlebih, banyak cara mendapatkan uang dari Internet yang tidak mensyaratkan kemampuan ataupun kriteria khusus. Dengan kata lain, siapa pun bisa mencoba asalkan punya koneksi Internet yang memadai.

Kalaupun belum bisa diandalkan sebagai sumber pendapatan utama, sejumlah cara mendapatkan uang dari Internet dapat menambah pundi-pundi penghasilan agar pos pengeluaran bisa lebih longgar. 
Nah, bagi kamu yang sedang giat mencari cara mendapatkan uang dari Internet, tujuh cara di bawah ini layak dicoba.

1. Survei online berbayar


Mengisi survei mungkin sudah tak asing buatmu. Tapi, sudah tahu belum kalau sejumlah perusahaan bersedia memberikan bayaran untuk survei yang kamu lengkapi? Salah satu tujuannya agar perusahaan terkait dapat mengetahui opini masyarakat mengenai produk yang mereka buat atau kembangkan.

Beberapa perusahaan memberikan imbalan pengisian survei dalam bentuk poin reward yang bisa ditukar menjadi uang. Sebagai contoh, pada situs YouGov Indonesia kamu bisa mendapatkan uang tunai melalui akun PayPal, pulsa isi ulang, dan voucher belanja. Poin baru bisa ditukar dalam bentuk uang setelah mencapai 5000 poin atau sebesar SG$25 (senilai Rp 263.142 , dengan kurs Rp 10.525).

Selain jaringan Internet, satu-satu syarat yang diperlukan untuk berpartisipasi pada survei berbayar adalah memiliki akun PayPal. Sebab, mayoritas perusahaan yang menawarkan survei berbayar umumnya melakukan pembayaran melalui rekening PayPal.

Selain bisa dikerjakan dengan mudah, waktu yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan dengan jadwalmu. Bagi karyawan ataupun pekerja, kamu bahkan bisa mengisi survei berbayar ini kala istirahat makan siang atau saat di perjalanan menuju kantor. Tentunya, jika kamu tidak sedang mengemudi ya.

Selain YouGov Indonesia, penyedia survei online berbayar lain yang bisa dicoba adalah ViewFruit, Clixsense, Opinion World, Mobrog, SurveyOn, dan sebagainya.

2. Social Media Evaluator


Modal yang diperlukan seorang social media evaluator hanyalah gadget dan akun Instagram atau media sosial lainnya. Secara sederhana, pekerjaan seorang social media evaluator adalah menilai sejumlah iklan di media sosial. 

Misalnya menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

  • “Seberapa menarik iklan ini bagimu”
  • “Seberapa ingin kamu melihat iklan ini?”
  • “Seberapa informatif iklan ini bagimu?”, dan sebagainya.
Umumnya, bayaran seorang social media evaluator berkisar antara US$5-6 per jam. Jadi, jika dalam satu hari kamu mampu meluangkan waktu hingga empat jam, maka kamu bisa mendapatkan sekitar US$20-24 atau senilai Rp 289-347 ribu per hari. 

Lumayan bukan? Dalam sebulan kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp 1 jutaan.
Jika tertarik mencoba, kamu bisa mendaftarkan diri di situs Appen sebagai social media evaluator. 

Berdasarkan pengalaman para pekerja lepas di situs tersebut, kamu harus bersabar menunggu selama empat hingga lima bulan sampai kamu dinyatakan diterima dan ditawari proyek atau pekerjaan.

3. Menulis artikel SEO 


Cara mendapatkan uang dari Internet yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka menulis dan punya kemampuan menulis yang baik. Beberapa situs yang menawarkan pekerjaan dan proyek penulisan artikel SEO yang bisa kamu coba adalah situs Babe, Sribulancer, Freelancer, dan sebagainya.

Secara sederhana, artikel SEO merupakan artikel dengan topik apa pun yang diupayakan dapat muncul pada halaman pertama di mesin pencarian Google. Tujuannya agar semakin besar kemungkinan orang membaca artikel tersebut, sehingga potensi ketertarikan orang terhadap brand atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan terkait pun semakin tinggi.

Tarif jasa penulisan artikel bervariasi tergantung oleh banyak faktor, seperti jumlah kata dan tingkat kesulitan topik yang ditulis. Kisarannya mulai dari Rp 20 hingga 150 ribu per artikel untuk penulis pemula. Tentunya, pengalaman dan portofolio yang kamu miliki bisa meningkatkan harga jual jasamu.

Jika merasa belum percaya diri, tenang saja, cukup ketikkan “panduan menulis SEO friendly” pada mesin pencarian di Internet, maka ribuan pilihan tutorial bisa kamu pelajari.

4. Menjual foto atau video secara online


Hobi fotografi atau membuat video?
Daripada hasil jepretanmu hanya memenuhi memori gadget, lebih baik diubah jadi duit. Kamu bisa memajang dan menjual karyamu pada berbagai platform penyedia foto, seperti Fotolia, Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto, FreeDigitalPhotos, dan sebagainya.

Umumnya, keuntungan yang bisa kamu dapatkan berupa komisi dari setiap fotomu yang di-download atau dibeli orang. Besar komisi bervariasi pada tiap platform, mulai dari 20-45 persen dari harga jual.

5. Menjual desain 

Para desainer ataupun kamu yang punya kreativitas tinggi dan jiwa seni, sangat bisa menjajakan karya dan jasamu di Internet. Malahan, dengan menjual secara online, target pasarmu menjadi semakin luas dan tak terbatas lokasi.

Salah satu pasar digital yang menyediakan wadah untuk pemasaran karya-karya digital, seperti karya desain grafis adalah Envato Market. Di situs ini terdapat sejumlah kategori karya digital yang bisa kamu pilih sesuai kualifikasimu.

Selain memasarkan produk di pasar digital online, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan mengikuti berbagai kontes yang diadakan komunitas, lembaga, maupun pemerintah. 
Beberapa situs yang rutin menyediakan kontes yang layak kamu coba adalah 99designs, logotournament, logomyway, dan sebagainya.

6. Jasa titip dari marketplace luar negeri

Buka jasa titip? Ah males banget harus keliling cari barang yang dipesan pembeli.
Eits, tenang, jasa titip yang ini bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Cukup siapkan Internet dan camilan biar tidak bosan. 

Banyak orang yang tertarik membeli barang di marketplace ataupun toko online asal negara lain, seperti Amazon, eBay, IndieGogo, dan sebagainya. Namun, umumnya niatan membeli terpaksa batal karena calon pembeli tak memiliki kartu kredit ataupun akun PayPal.

Nah, bagi kamu yang memiliki kartu kredit atau akun PayPal, hal ini bisa jadi peluang emas untuk meraup untung. Kamu bisa menawarkan jasa titip pembelian barang-barang dari situs asal negara lain dengan memasang tarif jasa pembelian sebesar 5-15 persen dari harga barang. 

Cara mendapatkan uang dari Internet yang satu ini tak ubahnya seperti personal shopper. Bedanya, calon pembeli sudah memberikan link barang yang mereka inginkan, sehingga tugasmu hanya membantu proses pembeliannya.

Selain keuntungan berupa uang, kamu juga bisa mendapatkan point reward dari pembelanjaan yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Tapi, jangan lupa segera lunasi pembayaran kartu kredit sebelum jatuh tempo ya.


7. Menjajal aplikasi micro-tasking

Inilah cara mendapatkan uang dari Internet yang tergolong sangat mudah. Modal yang diperlukan adalah smartphone dengan koneksi Internet tinggi. 
Tugasmu hanya meng-install aplikasi yang menawarkan micro-tasking dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Contohnya, aplikasi Snapcart yang menawarkan cashback untuk setiap struk belanja yang kamu unggah atau aplikasi Cash Gift yang menawarkan poin yang bisa ditukar dengan uang tunai hanya dengan menonton iklan, menginstall aplikasi, atau melakukan tugas sederhana lainnya.

Aplikasi micro-tasking lainnya yang bisa kamu coba adalah Google Opinion Rewards, Showbox, Cash for Apps, dan sebagainya. Keuntungan yang didapat dari aplikasi micro-tasking memang tak besar. 
Tapi, sebanding dengan pekerjaan yang dilakukan. Kamu pun tak perlu meluangkan waktu khusus untuk mengerjakan instruksi yang diberikan. Kamu bisa mengerjakannya saat menunggu atau saat berada di kendaraan umum. Anggap saja, iseng-iseng berhadiah.

Kamu yang saat ini sedang mencari penghasilan tambahan, tujuh cara mendapatkan uang dari Internet di atas sangat layak buat dicoba. Jika disiplin, cara tersebut bisa membuat kondisi keuanganmu jadi lebih aman. 
Mencari sumber penghasilan tambahan juga bisa menjadi kesempatan bagus dalam manajemen waktu yang kamu miliki.

Jadi, apa cara mendapatkan uang dari Internet yang paling ingin kamu coba?
semoga bermanfaat dan menjadikan ilmu tambahan untuk teman teman sekalian jangan lupa di share ya agar teman teman kalian tau apa yang kamu tau.
LihatTutupKomentar
close